job kerjaku tidak sesuai dengan kontrak kerja

2015/5/18 / Xing Xing Ai / job kerjaku tidak sesuai dengan kontrak kerja / Indonesia 印尼 / tidak ada

‘’JOB kerjaku tidak sesuai dengan kontrak kerja’’
‘’Welcom to taiwan,,,,,,,,,,’’terdengar suara pramugari’’ ,,tepat jam 6.00 pagi, saya sampai diTaoyuan Internatinaol airport,dengan detak jantung yang berdebar cepat dan sedikit tegang , saya mulai melangkahkan kakiku,,,’’Ohh Tuhan ‘’saya sudah sampai Taiwan (sesekali saya cubit pipiku,agar saya yakin ini bukan mimpi).
Thailand,vietnam,indonesia,filipina, ‘’ada seorang pemandu yang menyebutkan nama-nama dimana asal para TKA dan menyuruhku berbaris sesuai dengan negara asal masing-masing,dan hari itu barisan TKA asal indonesia adalah yang paling banyak,ada kelegaan hati disini karena ternyata saya bisa bertemu banyak  TKA asal Indonesia.
Aku terdiam sejenak saat aku ingat setelah 3 bulan sudah saya di PT.surya pacifik jaya,dan akhirnya saya bisa datang ke Taiwan dengan job kerja untuk merawat seorang  nenek (阿媽). Inilah saatnya saya mulai berperang dengan keadaan dan saya mengatakan pada diri sendiri untuk tetap semangat .(yuni 加油 ,,,iya nama ku yuni ,aku berasal dari  kota kecil di propinsi Jawa Timur)
***
Setelah diabsen oleh para pemandu TKA, aku pun dibawa seoarang supir untuk medical check up, setelah selesai medical saya langsung dibawa ditempat agensi, ditempat agensi saya langsung disuruh ganti baju dan bekerja sesuai dengan yang sudah ditulis pada lembaran kertas,ditempat agensi ada seoarang lao shi yang mengajari bagaimana bekerja dengan baik,bersih dan cepat.
Ini adalah pengalaman saya pertama kali bekerja dan pertama kalinya saya keluar negri. Rasa takut ,rasa minder masih ada dan kadang rasa ini yang membuat pekerjaan yang saya lakukan sering salah. Itulah penyesuaian harus pelan-pelan dan saya tidak lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar semua lancar dan saya bisa melewati semua proses ini.
***
Setelah 2 hari di tempat agensi untuk belajar cara-cara bekerja dengan baik dan benar,saya pun diantar di tempat majikan di daerah Nanjing dong lu,Taipei . Dengan bahasa yang masih terbata-bata saya menyapa majikan’
太太你好?
先生你好?
Mereka pun mebalas dengan senyuman. Iya disinilah saya memulai  kehidupan baru, kebetulah majikan saya mempunyai satu TKI sebelum saya datang  saya memanggilnya  mbak sany,dia ditaiwan sudah 5 tahun lebih,dia menjada kakek (阿公)dan saya yang menjaga nenek (阿媽),saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena ada mbak sany disini saya tidak lagi merasa ketakutan ,masalah bahasa mandarin saya yang sangat kurang , saya bisa belajar dari mbak sany.  Tapi apa yang saya bayangkan dan keyataan sangatlah berbeda ,karena setiap saya ingin belajar bahasa dengan mbak sany dia tidak mau menjawab pertanyaan saya, dari sini saya merasa ada yang aneh dengan tingkah laku mbak sany.
 Waktu demi waktu telah berganti dan mbak sany tetaplah seperti itu,dia juga mewanti-wanti agar saya tidak menyentuh barang-barang miliknya dan juga dia selalu mengatakan pada saya kalau rumah majikan ada kamera disetiap sudut kamar,jadi saya setiap ganti baju saya harus dikamar mandi. Majikan lebih percaya dengan mbak sany dibanding saya, mbak sany pun ada libur 1 bulan sekali,sangat berbeda dengan saya,saya  dilarang kemana-mana,jadi setiap mau beli barang keperluan sehari-hari saya selalu titip kepada mbak sany. Bahkah saya pun dilarang oleh majikan untuk meliki handphone, ya saya merasa tidak adil ketika handphone mbak sany ada 2 ,kenapa saya tidak diperbolehkan meliliki handphone. Karena bahasa mandarin saya yang sangat kurang saya pun diam,majikan pun jarang dirumah dan akhirnya aku turuti apa kata mbak sany, dari cara merawat nenek yang saya jaga pun saya menuruti kata mbak sany. Saat itu saya hanya bisa sabar dan menurut. Seperti air yang mengalir saya mengikuti setiap alur jalan hidup saya.
***
Setelah 1 tahun saya menjaga nenek (阿媽) keadaannya pun  mulai menurun akhirnya nenek yang saya jaga meninggal, dan akhirnya saya pun diambil agensi untuk ditampung dirumahnya sambil menunggu untuk ganti majikan yang baru.
Ditempat agensi saya membantu menanam sayur ,dan bantu-bantu pekerjaan rumah . alhamdulillah ,setelah 2 minggu saya menunggu akhirnya agensi pun mengantarkan ku ke tempat majikan yang baru, Di Bei tou (taipei)disinilah saya mulai beradaptasi lagi ,majikan ku yang ke 2 lebih over protektif  karena majikan mempunyai pengalaman dibohongi oleh TKI(tenaga kerja indonesia)sebelumnya,karena pernah memukul anak majikan dan terekam di kamera CCTV. Karena hal itulah majikan yang ke 2 ini lebih over protektif,pekerjaan saya pun sudah membuatkan jadwal kerja untuk saya mulai dari hari senin sampai minggu,dari mulai saya bangun tidur hingga tidur lagi semua sudah ditulis oleh majikan. Saya bangun jam 6 pagi setiap hari dan boleh istirahat setelah jam 12 malam. Anak yang saya jaga ternyata  juga bisa dibilang nakal,saya ditugaskan menjaga anak umur 8 tahun dan 2 tahun. Mereka sangat tidak mendengarkan apa kata-kata saya,bahkan setiap saya membantu mereka mandi saya pasti ikut dimandikan oleh kedua bocah tersebut.(dalam hati,saya berkata Tuhan kuatkan saya). Saya serumah dengan majikan dan istrinya dan juga ada kakek dan nenek. Mereka tidak mengizinkanku istirahat siang,karena dirumah ada kamera CCTV jadi setiap apapun tindakan saya majikan saya tahu,bahkan setiap kali saya merasa capek dan ingin duduk sebentar majikan langsung menelpon saya,dan memberi tahu saya kalau saya harus rajin jangan malas-malasan,kebetulan kamera CCTV dirumah langsung tersalur ditempat kerja majikan jadi apapun yang saya lakukan majikan langsung mengetahuinya,dan bahkan di kamar tempat saya tidur pun ada kamera CCTV nya.
***
Saya merasa pekerjaan ini tidak sesuai dengan job kerja yang tertulis dikontrak kerja,karena itu saya mencoba memberanikan diri untuk menelepon egensi ,setelah meminta ijin kepada majikan untuk menggunakan telepon rumah ,saya pun menelepon egensi untuk memberitahukan keadaan saya,dan diluar dugaan egensi malah mengancam ingin memulangkan saya ke indonesia apabila saya tidak menuruti mereka. Alhasil saya pun mencoba bertahan,Setelah seminggu berjalan saya benar-benar tidak bisa bertahan di tempat kerja saya ini,karena setiap hari saya dibentak dan dimarahi,tentang kerja saya yang tidak benar. Dan saya memberanikan menelepon egensi untuk meminta pindah majikan atau pulangkan saya ke indonesia,setelah berdebat dengan egensi ,alhamdulillah agensi pun luluh dan mereka akan menjemput ku pulang ke agensi. Keesokan harinya agensi pun memenuhi janjinya untuk menjemput saya untuk dibawa ke agensi. Saya pun harus sabar menunggu majikan baru,selama saya menunggu majikan baru saya bekerja ditempat agensi menjadi petani,dari menanam sayur hingga mencangkul semua kulakukan untuk mengisi waktu luang. Setelah seminggu alhamdulillah agensi mendapatkan majikan untukku,sekarang saya bekerja di daerah Tianmu untuk menjaga seorang Ama. Tapi setelah saya tiba di tempat majikan baru , ternyata saya tidak bekerja menjaga Ama,tapi saya dipekerjakan  di restoran ala perancis di daerah Zhongxiao dun hua (taipei). Yah sekali lagi aku kerja diluar job,kebetulan majikan ku adalah orang indonesia yang menikah dengan orang Vietnam dan membuka usaha restoran ala perancis. Ama yang ku jaga mengidap penyakit kanker rahim dia dirawat dirumah sakit tetapi bukan saya yang menjaga,ada suster yang menjaganya 24 jam di Rumah Sakit. Kegiatan saya sehari-hari adalah bekerja membersihkan rumah dipagi hari ,dan setelah menyiapakan sarapan untuk majikan laki-laki saya pergi kerestoran dengan naik bus dan menempuh 1 jam perjalanan, saya bekerja direstoran sering di tanya oleh polisi kenapa saya berada direstoran,majikan dan karyawan lain sudah sepakat dan kerjasama kalau ada polisi yang tanya tentang saya ,mereka sepakat menjawab saya sedang mengambil barang untuk dibawa kerumah sakit dan kerja saya adalah menjaga Ama.
*****
Setelah 6 bulan berlalu  Ama meninggal dan saya pun harus pindah majikan. Dan akhirnya , saya pindah majikan di daerah Neihu (taipei),ini adalah majikanku yang ke 4, awalnya kerja saya adalah menjaga Ama tapi setelah ama dibawa ke Tainan dan dirawat di panti jompo,jadi berubahlah job kerja saya tidak lagi menjaga ama,majikan mempunyai 2 anak laki-laki . kebetulan anak ke 2 majikan lumpuh ,jadi majikan saya mempunyai 2 TKI,tugas saya disini mengurus segala keperluan mereka, aku sehari harus masak 2 kali untuk 10-12 orang sehari,saya juga bekerja membersihkan rumah anak majikan seminggu 3 kali dan juga membantu menjaga anak majikan yang lumpuh ,iya itulah pekerjaan ku dimajikan yang ke empat ini. Saya bersyukur karena majikan baik,walaupun bekerja seberat apapun mereka memperlakukanku dengan baik,bagiku kerja berat bukan suatu masalah selama masih bisa aku  mengerjakannya.  Majikan juga memberiku libur dihari minggu,dan libur itu saya gunakan untuk mengikuti kegiatan yang diadakan organisasi-organisasi di tiawan ,disela-sela kesibukan saya menyempatkan diri untuk melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka Taiwan . Banyak sekali kegiatan positif yang bisa TKI lakukan ketika libur. sekarang saya sudah 5 tahun ditaiwan ,saya bertahan sampai saat ini karena saya punya mimpi, mimpi ini yang memberi kekuatan.


***
Belajar dari mana saja
Bekerja dengan hati
Selepas hujan pasti ada pelangi
Berdoalah Tuhan akan mendengarmu
Karena tuhan ada di sisimu
Tetap semangat TKI keluarga dan orang yang kau cintai menunggumu di Indonesia. JIA YOU @@
星星愛