keong racun formosa

2015/4/22 / jayanah nana / keong racun formosa / Indonesia 印尼 / tidak ada

""keong racun formosa dan bahayanya ""


       Bismillahirohmanirohim bismillahi tawakaltu alla Alloh, air mata membasahi pipi saya dan ibu, ibu mana yang tidak menangis melepas keberangkatan anaknya untuk mengadu nasib di negara orang.Dimana kepergiannya tidak hanya seminggu 2 minggu, tapi untuk bertahun-tahun. Jaga diri, jangan pernah tinggalin sholat, kerja harus jujur, tidak boleh mengeluh,sopan danau harus bertanggung jawab, inilah nasihat seorang ibu yang menginginkan anaknya sukses dilakukan perantauan. Kaki ini mulai melangkah pergi,dengan menahan airmata beserta melapangkan hati yang seakan perih. Dalam dada hanya ada bisikan saya harus sukses demi orang tua. Membahagiakan orang tua adalah cita -cita dalam hidup saya,melihat senyum orang tua adalah obat segala kelelahan hati dan tubuh ini.Mamak bapak engkaulah surgaku dalam hidup yang sekejap ini izinkanlah diri ini untuk menggapai surga itu dengan saya berbakti kepada mu.
          13 juli 2014, kaki ini mulai menginjakkan di negara tujuan yaitu Taiwan atau yang lebih dikenal dengan sebutan negeri formosa. Kenapa saya putuskan untuk mengadu nasib di negara Taiwan?. Pasti jawabannya karena upah minimum buruh di Taiwan lebih banyak di bandingkan di tanah air. Sudah menjadi rahasia umum lagi, kalau taiwan adalah salah satu negara yang paling diminati oleh buruh migran indonesia (BMI), baik itu laki -laki maupun perempuan. Ada beberapa ribu warga negara Indonesia (WNI) yang mengadu nasib di Taiwan.BMI laki -laki bekerja sebagai buruh di pabrik dan pelayaran, sedangkan perempuan bekerja sebagai perawat orang tua atau orang jompo.
       Pemandangan berbeda, kondisi alam berbeda, budaya dan bahasa pun berbeda, tapi saling menghormati satu sama lain. Harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang demikian, tapi yang paling utama harus tetap kuatkan iman dalam naungan islam dan ibadah harus diperhatikan. Orang yang siap bekerja di negara lain berarti harus siap dengan bekalnya yaitu selain persyaratan administrasi keimgrasian, juga bahasa dan ketrampilan harus memadai.
     Perasaan yang campur aduk saya rasakan tatkala dari pihak agency mengantar saya kerumah majikan. Bibir dan hati hanya bisa berdizkir dan berdoa semoga majikan saya baik dan ibadah saya lancar. Pertama masuk ke rumah amma akong, hanya rasa semangat dan tersenyum hangat. Alhamdulillah di sambut hangat oleh majikan dan amma akong yang saya jaga. Tugas keseharian di amanahkan kepada saya, saya dan jiwa ini berkomitmen untuk bertanggung jawab.
      Akong adalah orang tua yang saya jaga, karena mengalami struk ringan pada kaki hingga mengharuskan dia menggunakan tongkat sebagai alat bantu jalan. Mijet dan olahraga di taman adalah terapi yang di jalani akong,otomatis itu pekerjaan utama saya. Sedangkan amma masih sehat dan masih beraktivitas di luaran rumah. Kami hanya tinggal bertiga, karena majikan tinggal di rumah sendiri.
        Hampir setiap sore (jika cuaca baik), saya menemani akong untuk olahraga di taman. Banyak orang tua di taman, jadi banyak orang indonesia yang berprofesi sama dengan saya. Alhamdulillah menemukan saudara setanah air dan bisa jadi keluarga di taman. Jauh dari keluarga tidak terasa karena ada banyak teman di sini. Ada beberapa orang yang sering kumpul dan ngobrol bersama saya. Ada mbak nurul, mbak sri, mbak yuni, mbak nur, mbak tiya dan masih ada lagi teman -teman yang lain. Hampa setiap kali di taman kita selalu ngobrol dan kadang makan jajan bersama, menikmati kebersamaan.
        Suatu hari saya melihat maka sri duduk sendiri dan wajahnya tampaknya sayu, seakan sedangkan adanya masalah. Saya sapa dia """"Assalamualaikum mbak, Waalaikumsalam jawabnya. Kok lesu gitu kenapa mbak, ada apa hayoooo hehhe saya menggoda mbak sri. Tidak ada apa -apa anna, cumanya tidak enak badan kata mbah sri. Ouhhh sahut saya, tapi dari pandangan mbak sri ada yang aneh. Karena mak sri tidak mau cerita ya sudahlah, karena tidak semuanya harus di ceritakan kepada orang lain. Saya ajak dia ngobrol supaya dia bisa tersenyum seperti biasanya. Waktu sudah sore, matahari mulainya bersembunyi saatnya saya pulang kerumah dengan mendorong akong yang duduk di kursi roda.
           Keesokan harinya, sore seperti biasa ke taman. Tiba -tiba mbak sri menghampirinya saya, dan bertanya tentang pergaulan bebas, HIV dan AIDS. Alhamdulillah walaupun profesi sebagai buruh migran indonesia (TKW), itu semua tidak menghalang saya untuk selalu membaca. Membaca dan belajar akan segala hal adalah kunci membuka dunia. Dengan  bimbingan Allah ta'ala dan sedikit pengetahuan yang saya punya hingga mampu memberikan penjelasan kepada mbak sri.
      Iya mbak, begini memang kalau kita masuk kedalam dunia pergaulan bebas akan berdampak buruk bagi kehidupan kita. Terutama dampak dari seks bebas, minuman keras dan Narkoba.
Seks adalah kegiatan atau perbuatan yang di lakukan makhluk yang menyatukan dua jenis alat kelamin yang berbeda dengan tujuan menghasilkan keturunan.
Seks bebas adalah hubungan seksual yang dilakukan dengan pasangan yang berbeda -beda atau berganti -ganti pasangan (bukan suami istri).
Manusia yang melakukan seks bebas tak ubahnya seperti binatang, yang Sama-sama di ciptakan Allah ta'ala, tapi tidak berakal seperti manusia dan tidak beragama.Allah ta'ala melaknat orang yang melakukan seks bebas (zina). Sebagaimana firman Allah ta'ala dalam al Qur'an surah Al Furqan ayat 68-69 yang artinya ""Dan orang -orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat (68). (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina (69).
      Ancaman Allah ta'ala dalam ayat tersebut sudah sangat jelas yaitu hukuman yang berat dan di hinakan baik di dunia maupun di akhirat. Adapun dampak dari seks bebas adalah sebagai berikut :
1.azab yang berat di dunia dan akhirat
2.di jauhi masyarakat
3.merusak mental seseorang
4.menularnya berbagai penyakit seks, seperti HIV AIDS, Sifilis, hepatitis.
5.timbulnya kekerasan dan kebrutalan dalam.             masyarakat
6.merusak garis keturunan
7.rusaknya hubungan keluarga
8.melecehkan kehormatan kaum wanita
          Orang yang melakukan hubungan seks bebas pasti akan menyesal di kemudian hari.
Anna, kalau HIV dan AIDS itu gimana sih? (tanya mbak sri kepada saya). Ooh gini saya kasih penjelasan sedikit mbak.
       HIV DAN AIDS
1.pengertian
A.HIV (human immunodefiency virus)
               Adalah. Virus yang menyebabkan seseorang terkena penyakit AIDS. HIV menyebabkan kekebalan tubuh seseorang menurun karena immun tubuh menurun atau rusak.
B. AIDS (acquired immunodefiency syndrom)
                  adalah kondisi kronis yang mengancam nyawa seseorang yang disebabkan oleh virus HIV.
*jadi HIV itu adalah virus sedangkan AIDS itu adalah penyakit nya *
2.cara penularan HIV dan AIDS
a.melalui darah
       Penularan melalui darah bisa dengan transfusi darah (pendonoran darah seseorang ke orang lain) dan bisa dari ibu ke anak.
b.air mani atau cairan vagina yang masuk ke dalam tubuh
c.melalui jarum suntik yang di pakai bergantian.
Ini mbak sri setahu saya seperti itu dan gejala nya susah banyak banget butuh waktu lama untuk jelasin. Hehhhe Makasih ya anna. Waktu sudah sore saatnya mengakhiri kegiatan di taman. Besok berjumpa lagi kalau masih di beri kesempatan.
                     SubhanaAlloh, saya di buat kaget dan terperangah oleh mbak sri. Tiba -tiba bunyi telepon seluler milik saya. Ehhh ternyata maka sri mau mengungkapkan isi hati yang selama ini dia pendam.
Begini cerita mbak sri... Mbak sri sudah hampir 3 tahun di Taiwan untuk kontrak kerja yang kedua. Dulur kontrak yang pertama menorehkan cerita yang sangat perih.
   Keberangkatan mbak sri ke negeri formosa ini di setujui suami dan hubungan mereka sangat harmonis walau jarak memisahkan.
 bersambung